Materi persiapan projek : Identifikasi

Latihan pemahaman

1.    Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila dapat dilakukan secara kolaboratif dengan melibatkan pemangku kepentingan yang dapat mendukung keberlangsungan projek di sekolah. Kapankah para pemangku kepentingan ini dapat berkolaborasi untuk kegiatan berprojek?

Jawab : semua benar

2.    Apa yang dimaksud dengan Identifikasi tahapan Kesiapan satuan pendidikan?

Jawab : upaya untuk mengidentifikasi kesiapan sekolah sebelum memulai projek

Cerita reflektif

Apa yang paling Ibu/Bapak sukai dari interaksi bersama sesama rekan guru?

Jawab : Bertukar ide dan pengalaman

Materi pemilihan dan pengembangan tema proyek

Latihan pemahaman

Berikut adalah beberapa hal yang dapat kita pertimbangkan untuk mengembangkan tema projek, kecuali

Jawab : kepentingan kepla sekolah dan guru

Cerita reflektif

Setelah melihat materi ini, yang saya pelajari adalah

Jawab :  Dapat menggunakan strategi terbaik sesuai dengan fase dan kebutuhan murid

Materi Perencanaan Projek sebagai Asesmen

Latihan pemahaman

Apakah salah satu bentuk asesmen alternatif yang dapat digunakan untuk melihat keterampilan murid secara holistik?

Jawab : projek

Cerita reflektif

Apakah Ibu dan Bapak mempunyai pengalaman saat murid tidak memaknai materi pelajaran? Apa yang Ibu dan Bapak lakukan?

Jawab : memberikan materi melalui media lain yang lebih sesuai dengan murid

Post test

1.Bagaimana peran projek sebagai asesmen?

Jawab : B. dengan kegiatan berprojek dapat terlihat ketercapaian perkembangan murid secara holistik, bukan hanya hasil akhirnya saja

2. Setiap pemangku kepentingan mempunyai peran penting untuk mendukung program pembelajaran projek di satuan pendidikan. Murid dan orang tua bukanlah salah satu pemangku kepentingan yang bepengaruh dalam projek. Pernyatan di atas adalah

Jawab : salah

3.Ketika konsep pembelajaran berbasis projek sudah dipahami sebagian pendidik (>50%) dan pembelajaran berbasis projek sudah menjadi kebiasaan sekolah tetapi belum terjadi lintas disiplin ilmu, berada dalam tahap manakah satuan pendidikannya?/

Jawab : tahap berkembang

4.Bu Meiske dan tim fasilitas projek sedang merancang modul projek yang akan dilakukan di fase F. Berikut adalah contoh pengalokasian waktu yang dapat dilakukan, kecuali....

Jawab : memberikan kebebasan bagi murid untuk menentukan sehingga tidak ada tanggal tetap

5.Bu Loli sedang bingung memikirkan tema untuk dilaksanakan di semester 2. Terdapat dua pilihan yaitu, tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya" dan "Gaya Hidup Berkelannjutan". Mengingat pada semester 2 akan ada perayaan Hari Bumi, Bu loli dan Tim Fasilitator merasa tema "Gaya Hidup Bekelanjutan" sangatlah cocok untuk dilakukan. Di sisi lain "Bangunlah Jiwa dan Raganya" juga menarik untuk dijadikan tema projek. Langkah apakah yang dapat Ibu Loli dan tim fasilitas projek lakukan untuk mengkomodir tema-tema di atas?

Jawab : semua benar